Hak dan Kewajiban Warga Negara

"Kisah Seorang Anak Pemulung"


Assalam'mualaikum Wr. Wb.
Suatu hari ada seorang anak yang bernama Abdullah. Dia hidup di daerah kumuh, pinggiran kota metropolitan. Dia tinggal bersama ibu dan seorang adik yang masih kecil. Ayah Abdullah kecil sudah meninggal dunia, sejak dia umur tiga tahun. Ayahnya meninggal karena mengidap penyakit jantung. Ibu Abdullah kecil adalah seorang pemulung yang sakit-sakitan. Abdullah adalah seorang anak berumur tujuh tahun, yang sangat berbakti kepada ibunya. Dia menuntut ilmu di Sekolah Dasar Negri, dekat dengan rumahnya.


Abdullah kecil menjalani aktivitas rutinya setiap pagi. Seperti biasa selepas ia pulang dari sekolah, abdullah langsung berganti pakaian dan membantu ibunya memulung sampah diperumahan sekitar. Abdullah tidak malu melakukannya, walaupun ia sering diejek oleh teman-teman sekolahnya. Setelah seharian bekerja, abdullah kecil tak lupa akan tugasnya menjadi seorang siswa, dan tak lupa ia menjaga adiknya yang masih balita.

Suatu hari ibunya mendadak sakit keras, Abdullah kecil membawa ibu nya yang sakit keras dan adiknya dengan grobaknya kerumah sakit. Sesampainya ia dirumah sakit Abdullah kecil ditolak karena ia tidak memiliki biaya untuk mengobati ibunya. Abdullah kecil bingung bagaimana ia  mengobati ibunya yang sedang sakit keras. Abdulah kecilpun mencari bantuan kepada orang-orang di sekitarnya sambil membawa gerobak yang berisi ibu dan adiknya. Tetepi semua orang hanya diam dan tak mau menolong. Abdullah kecil pun menangis dan terus meminta tolong kepada orang orang yang di temuinya. Sampai akhirnya ia melihat sebuah masjid, dan berhenti disana. Dia masuk dan berdoa. Ya Alloh Yang Maha Pemurah Lagi Maha Penyayang sembuhkan lah ibuku, dan mudahkanlah langkahku untuk meminta bantuan. Amin.."
Seusai ia berdoa, ia keluar dan ingin melanjutkan perjalananya. Tetapi ia mendengar suara adiknya menangis. Abdullah kecil berlari sekuat tenaga, menghampiri adiknya yang sedang menangis. "INNA LILLAHI WA INNA ILAIHI RAJI’UN “ ternyata ibu Abdullah kecil sudah wafat. Setelah ibunya wafat Abdullah kecil menangis dan diapun berdoa, doa yang tak terucap dengan keluarnya kata, hanya dengan isyarat mata. " Alloh... Alloh huakbar wahai Tuhanku jadikanlah aku anak Indonesia yang terakhir, yang menjadi korban ketidak adilan pemerintah". 




Hak seorang warga negara di indonesia salah satunya adalah setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Seandainya pemerintah memberikan hak ini kepada warga negara. Insya Alloh tidak ada lagi warga miskin yang ditolak bila berobat di rumah sakit. Mudah-mudahan kisah ini dapat di ambil hikmahnya.




Wassalam'mualaikum Wr. Wb.






Inspirasi: Lirik lagu Surat Cinta dari Palestina

Penulis : Poetra Cipta ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Hak dan Kewajiban Warga Negara ini dipublish oleh Poetra Cipta pada hari Sabtu, 24 Maret 2012. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Hak dan Kewajiban Warga Negara
 

0 komentar:

Posting Komentar