Hubungan Antara Manusia dengan Budaya

Hubungan Antara Manusia dengan Budaya

kali ini saya akan membahas tentang hubungan manusia dengan budaya. Manusia adala mahluk sosial yang tak bisa hidup sendiri. oleh karena itu manusia membutuhkan pasangan. manusia sangat berhubungan erat dengan kebudayaan, karena setiap manusia yang tinggal di daerah manapun pasti akan membuat suatu kebudayaan baru.  Baik itu berupa tarian, olahraga, ritual, dan sebagainya.

Berikut beberapa definisi tentang manusia :
1.      Manusia adalah makhluk utama dalam dunia alami, mempunyai esensi uniknya sendiri, dan sebagai suatu penciptaan atau sebagai suatu gejala yg bersifat istimewa dan mulia. Ia memiliki kemauan, ikut campur dalam alam yg independen, memiliki kekuatan untuk memilih dan mempunyai andil dalam menciptakan gaya hidup melawan kehidupan alami. Kekuatan ini memberinya suatu keterlibatan dan tanggung jawab yg tidak akan punya arti kalau tidak dinyatakan dengan mengacu pada sistem nilai.
2.      Manusia adalah makhluk moral. Di sinilah timbul pertanyaan penting mengenai nilai. Nilai terdiri dari ikatan yg ada antara manusia dan setiap gejala, perilaku, perbuatan atau dimana suatu motif yg lebih tinggi daripada motif manfaat timbul. Ikatan ini mungkin dapat disebut ikatan suci, karena ia dihormati dan dipuja begitu rupa sehingga orang merasa rela untuk membaktikan atau mengorbankan kehidupan mereka demi ikatan ini.
3.      Manusia adalah makhluk idealis, pemuja yg ideal. Dengan ini berarti ia tidak pernah puas dengan apa yg ada, tetapi berjuang untuk mengubahnya menjadi apa yg seharusnya. Idealisme adalah faktor utama dalam pergerakan dan evolusi manusia. Idealisme tidak memberikan kesempatan untuk puas di dalam pagar-pagar kokoh realita yg ada. Kekuatan inilah yg selalu memaksa manusia untuk merenung, menemukan, menyelidiki, mewujudkan, membuat dan mencipta dalam alam jasmaniah dan ruhaniah.
4.      Manusia adalah makhluk yg sadar diri. Ini berarti bahwa ia adalah satu-satuna makhluk hidup yg mempunyai pengetahuan atas kehadirannya sendiri ; ia mampu mempelajari, manganalisis, mengetahui dan menilai dirinya.
5      Manusia adalah makhluk kreatif. Aspek kreatif tingkah lakunya ini memisahkan dirinya secara keseluruhan dari alam, dan menempatkannya di samping Tuhan. Hal ini menyebabkan manusia memiliki kekuatan ajaib-semu –quasi-miracolous– yg memberinya kemampuan untuk melewati parameter alami dari eksistensi dirinya, memberinya perluasan dan kedalaman eksistensial yg tak terbatas, dan menempatkannya pada suatu posisi untuk menikmati apa yg belum diberikan alam.


Kebudayaan adalah semua hasil cipta, rasa, dan karsa manusia dalam hidup bermasyarakat. Dalam artiluas, kebudayaan merupakan segala sesuatu yang ada di muka bumi ini yang keberadaannya di ciptakan oleh manusia. Kebudayaan (Pengantar Antropologi1, Koentjaraningrat, 1996) dapat berbentuk:
a.       Artefak, yaitu benda-benda yang merupakan hasil karya manusia.
b.      Sistem aktivitas, seperti berbagai jenis tarian, olahraga, kegitan sosial, kegiatan ritual
c.       Sistem ide atau gagasan, yaitu suatupola pikir yang ada di dalam pikiran manusia. Ide merupakan bentuk budaya abstrak yang mengawali suatu prilaku ataupun hasil prilaku bagi setiap bangsa. Sistem ide sangat dipengaruhi oleh nilai yang di anut oleh anggota masyarakat.

Kebudayaan secara universal terdiri dari 7 unsur utama:
1.      Sistem komunikasi (bahasa),
2.      Sistem kepercayaan (religi),
3.      Sistem kesenian (seni),
4.      Sistem organisasi sosial (sistem kemasyarakatan),
5.      Sistem mata pencaharian (sistem ekonomi),
6.      Sistem ilmu pengetahuan, dan
7.      Sistem peralatan dan perlengkapan hidup (teknologi).


Sumber :
  1. http://joerig.wordpress.com/2007/04/13/definisi-manusia/
  2. Tim Sosiologi. 2007. Sosiologi 1. jakarta: Yudistira

Penulis : Poetra Cipta ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Hubungan Antara Manusia dengan Budaya ini dipublish oleh Poetra Cipta pada hari Sabtu, 05 November 2011. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Hubungan Antara Manusia dengan Budaya
 

0 komentar:

Posting Komentar